Remove Manage Database Odoo

Link Manage Databases ketika di klik akan mengantarkan kita ke halaman pengaturan database seperti create database, backup, delete, dll.

Sebenarnya meskipun sudah menghilangkan link tersebut, kita tetap bisa masuk ke halaman pengaturan database dengan mengetikkan URL seperti berikut http://localhost:8069/web/database/manager. Akan tetapi setidaknya dengan menghilangkan link tersebut bisa menghindari kesalahan user yang iseng meng-klik link manage databases tersebut. Apalagi kalau master password belum diset maka akan sangat mudah untuk menghapus database tanpa memasukkan password.

Maka untuk menghindari hal tersebut kita perlu menghilangkan link yang menuju ke sana, berikut caranya :

  • Kalau saya search tulisan Manage Databases ada di file OCB/addons/web/views/webclient_templates.xml (saya menggunakan odoo 10 dari OCB)
  • Kalau kita perhatikan coding di atas, ada tulisan t-if="not disable_footer" dan t-if="not disable_database_manager" yang berarti code di dalamnya (manage database dan powered by Odoo) akan dijalankan jika disable_footer bernilai False, begitupun dengan disable_database_manager jika bernilai False maka akan menampilkan link Manage Databases. Kedua variable tersebut memang tidak dideklarasikan sebelumnya dan secara default bernilai False
  • Dengan adanya dua kondisi tersebut saya menyimpulkan bahwa Odoo mengijinkan kita untuk meremove tulisan/link Manage Databases dan Powered by Odoo
  • Jadi untuk menghilangkan tulisan Manage Databases kita hanya perlu mengubah value dari disable_database_manager menjadi True dan jika ingin menghilangkan keduanya (Manage Databases dan Powered by Odoo) maka ubah value dari disable_footer menjadi True
  • Untuk melakukan hal tersebut, maka kita harus menginherit template web.login_layout dan set value disable_footer menjadi True (ini untuk meremove keduanya) seperti berikut :

    <odoo>
        <data>
            <template id="ms_disable_manage_db" name="Login Layout" inherit_id="web.login_layout">
                <xpath expr="//div[@class='text-center']" position="before">
                    <t t-set="disable_footer" t-value="1"/>
                </xpath>
            </template>
        </data>
    </odoo>
  • Cara lain adalah dengan mengubah langsung pada file bersangkutan dan comment bagian ini :

Maka hasilnya seperti berikut :

Tutorial ini sudah saya test pada v9 dan v10. Untuk versi lain sepertinya tidak jauh beda atau bahkan mungkin sama.

Untuk mendownload addons-nya silahkan ambil di sini

Akan tetapi tutorial di atas hanya berlaku jika hanya terdapat satu database, jika database-nya lebih dari satu maka akan tetap muncul tulisan Manage Databases setelah klik button Select pada halaman login

Untuk menghilangkannya maka harus mengedit file OCB/addons/web/views/database_manager.html dan melakukan comment pada baris berikut :

Setahu saya file tersebut tidak bisa diinherit karena merupakan file .html. Kalau anda mempunyai cara lain tanpa harus mengubah file aslinya menurut saya itu lebih baik.

Terimakasih, semoga bermanfaat dan CMIIW…

Tutorial odoo/openerp Indonesia