Ada kondisi tertentu dimana kita ingin menghapus salah satu postingan/artikel di blog atau bahkan ingin menghapus blog secara keseluruhan. Perlu anda ketahui bahwa ketika menghapus artikel atau blog itu tidak otomatis menghapus artikel tersebut dari mesin pencari google.

Misalnya pengalaman saya ketika menghapus blog wordpress.com karena akan migrasi ke domain dan hosting baru, blog sudah berhasil dihapus akan tetapi ketika saya search di google masih muncul seperti ini

dan ketika diklik tampilannya seperti ini

saya tidak ingin url-url tersebut muncul di mesin pencari karena saya sudah memindahkan artikel-artikel tersebut ke domain baru jadi saya ingin url dari domain baru itulah yang muncul. Selain itu saya juga tidak ingin membuat pembaca kecewa karena ketika diklik ternyata artikel/blog tersebut sudah tidak tersedia. Sebenarnya google akan terus melakukan pembaruan indexing mereka secara teratur termasuk membuang link-link mati. Namun kalau saya baca di sini https://support.google.com/webmasters/answer/1663419?hl=id bahwa link yang mereka anggap mati adalah ketika link tersebut diklik maka harus menampilkan kode status HTTP 404 (Tidak Ditemukan) atau 410 (Hilang). Sementara pada tampilan blog saya seperti pada gambar di atas tidak menampilkan kode 404 atau 410, yang ditampilkan adalah keterangan dari wordpress bahwa blog tersebut sudah dihapus oleh pemiliknya. Dan kalau saya baca di websitenya worpress bahwa wordpress tidak akan me-recycle domain tersebut meskipun sudah dihapus oleh pemiliknya. Jadi ketika domain tersebut diakses maka selamanya akan menampilkan pesan tersebut, dan itu artinya google akan menganggap bahwa domain/url tersebut masih aktif. Oleh karena itu maka saya harus mencari cara agar url-url dari blog tersebut tidak muncul di mesin pencari yang sudah terlanjur meng-index blog tersebut. Dan caranya adalah dengan meng-copy url dari masing-masing artikel ke sini https://www.google.com/webmasters/tools/removals.  Tampilannya seperti pada gambar di atas, kemudian klik tombol Minta Penghapusan. Maka url tersebut akan diproses oleh google dengan status Tertunda, tunggu beberapa jam/hari sampai statusnya berubah menjadi Dihapus. Kemudian silahkan testing dengan melakukan pencarian di search engine dengan keyword yang biasa dipakai dan url-url tersebut harusnya sudah tidak muncul lagi.

Harap diingat bahwa fitur penghapusan url dari search engine google tersebut hanya berlaku bagi url yang sudah tidak aktif lagi. Apabila anda mempunyai artikel/blog yang masih aktif namun tidak ingin muncul di search engine maka itu bisa menggunakan cara lain.