Kalau anda adalah orang yang baru mengenal Odoo dan tertarik utk mempelajari teknikalnya, tapi bingung harus mulai dari mana? Nah dalam tutorial ini saya ingin memberikan tips langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mulai mempelajari Odoo dan langsung praktek membuat addons. Adapun pembahasan yang akan saya sampaikan kurang lebih ada 8 poin, yaitu :

  1. Apa saja yang harus disiapkan
  2. Membuat dan menginstal addons kosong serta penjelasan isi file __manifest__.py
  3. Download addons yang sudah saya siapkan (tentang puskesmas), penjelasan komposisi addons dan meng-explore cara penggunaan addons yang didownload
  4. Penjelasan mengenai class, object dan attributenya
  5. Penjelasan mengenai fields dan attributenya
  6. Penjelasan mengenai view, wizard dan qweb report
  7. Penjelasan mengenai method, button dan workflow
  8. Penjelasan mengenai inherit

Baiklah, mari kita mulai !

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah menginstal odoo (versi 10). Boleh menggunakan OS apa saja, tapi saya sarankan pakai linux. Karena dalam tutorial ini saya menggunakan linux (Ubuntu 16.04). Anda bisa menginstalnya dengan mengikuti tutorial ini Cara Install Odoo 10 di Ubuntu 14.04 LTS ataupun bisa cari tutorial lain di google.

Kedua, jika odoo nya sudah jalan silahkan coba buat database baru (gunakan data dummy dengan men-centang checkbox Load demonstration data saat create database) dan instal beberapa addons default. Saran saya instal 3 addons yang sering dipakai yaitu Purchase Management, Inventory Management dan Sales. Kemudian coba explore penggunaan dari masing-masing addons. Mulai dari pembelian barang, cek ketersediaan barang di gudang dan melakukan penjualan.

Ketiga, siapkan folder baru untuk menyimpan custom addons, karena kita akan praktek membuat addons sendiri dan ubah konfigurasi odoo agar custom addons dapat terbaca di apps. Foldernya kita kasih nama custom_addons dan simpan di dalam folder odoo, kalau anda menginstalnya dari blog saya maka folder odoo ada di /home/nama_user_ubuntu/odoo-10.0. Kemudian edit konfigurasi dengan membuka terminal dan ketikkan sudo nano /etc/odoo-server.conf sampai terbuka tampilan berikut.

Ubah bagian addons_path jadi addons_path = /home/miftah/odoo-10.0/addons,/home/miftah/odoo-10.0/custom_addons (jangan pakai spasi setelah koma)

Note : Ganti miftah dengan username ubuntu anda

Jika sudah selesai tekan ctrl + x, kemudian ketik y dan enter.

Konfigurasi sudah selesai dan anda sudah siap untuk membuat custom addons.

Keempat, install IDE yang anda suka utk mulai melakukan coding, saya sendiri menggunakan sublime text.

Kelima, install pgadmin III untuk menampilkan isi database postgresql, dengan syntax :

$ sudo apt-get install pgadmin3

Setelah selesai instal kemudian buka pgadmin dan buat koneksi baru dengan meng-klik icon colokan kabel di pojok kiri atas, kemudian isi pop up yang muncul sebagai berikut :

Password : odoo

Itulah langkah-langkah persiapan untuk mulai melakulan coding, pada tahap selanjutnya kita akan mulai membuat addons.

Terimakasih, semoga bermanfaat dan CMIIW…

Tutorial odoo/openerp Indonesia